Sunday, July 7, 2013

Air Mata Pemadam Api Neraka

Mata adalah jendela Hati, air mata yang tergenang dipelupuk mata lalu tumpah mengalir membasahi pipi adalah merupakan ekspresi dan luapan dari isi hati yang tertahankan. Sehingga dengan begitu apa yang menjadi beban hati seakan telah tumpah dan tersalurkan.
Ketika kita bersedih, bisa jadi kesedian itu mengalir lalu tumpah melalui air mata, begitu juga disaat bergembira, disaat mengalami ketidak berdayaan, disaat dilanda kerinduan yang mendalam karena cinta yang amat sangat, disaat dilanda ketakutan yang sangat mencekam. Oleh sebab itu air mata, ada kalanya air mata cinta, air mata kerinduan, air mata kedukaan, air mata kepalsuan, dan ada juga air mata yang tumpah karena takut kepada Allah swt.
Lalu air mata manakah yang bisa membebaskan api neraka ? Untuk menjawab pertanyaan ini perhatikan beberapa riwayat berikut ini. Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah bersabda : "tidak ada seorangpun dari hamba Allah yang beriman yang kedua matanya mengalirkan air mata mengenai permukaan wajahnya sebesar kepala lalat, karena takut kepada Allah swt, maka dia tidak akan disentuh neraka selamanya."
Dalam sabda yang lain Rasulullah saw : "Tidak akan masuk neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah swt, sehingga ada air susu yang kembali ketempat asalnya."
Didalam sebuah kitab Daqaiqul Akhbar diterangkan bahwa kelak dihari kiamat ada seorang hamba yang didatangkan, setelah ditimbang amal perbuatannya, ternyata keburukkan nya lebih berat daripada kebaikkannya. Maka ia diperintahkan untuk dibawa keneraka. "Sesungguhnya mataku biasa menangis karena takut kepada Allah." Akhirnya Allah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang mengampuni dosa-dosa hamba itu dan menyelamatkannya dari api neraka, berkat pengaduan shelai rambut matanya yang suka menagis karena takut kepada Allah.
Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa kelak pada hari kiamat setiap orang disibukannya pada persoalannya sendiri-sendiri, termasuk para nabi. Ketika mereka dimintai pertolongan, mereka mengatakan nafsi-nafsi, kecuali Rasulullah saw, dalam keadaan sulit itu beliau terus berjuang menyelamatkan umatnya dengan meneriaki ummati-ummati, ketika penghuni neraka digiring menuju neraka, keluarlah gejolak api neraka jahanam, bergulung-gulung menyambar-nyambar. Ketika api neraka ini bergulung hendak menyambar umat nabi Muhammad, Jibril berteriak awas sambaran api menuju umatnya Muhammad saw sambil membawa mangkok, maka dengan secepat kilat Rasulullah menyambar air yang di bawa Jibril, segera Rasulullah menyiramkan air yang dimangkok itu ke api neraka jahanam sehingga padam seketika. Setelah api padam dan surut kembali ke asalnya Rasulullah bertanya : "Wahai Jibril air apakah itu ?" Jibril menjawab : "itu air umat mu yang menangisi dosa-dosanya, karena takut kepada Allah swt.
Karena itu saudara ku menangislah geraikan air mata, biarkan membasahi pipi, sholat malamlah pasti akan merasakan saat kita membayangi dosa-dosa kita, InsyaAllah air mata yang kalian keluarkan didunia saat ini, akan menjadi penolong kalian dari api neraka kelak.

1 comment:

  1. Sungguh pemadam api yang berbeda... dan sangat menyentuh...

    Kami adalah supplier alat pemadam api merek ERRO Fire

    Bravo Pemadam Api....

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda