Monday, July 15, 2013

Cara Membuat Link, dan sejarah Bookmark Sosial

Berikut ini saya coba memberikan tips, panduan membuat LINK :
  1. Buat Link Anda Relevan, artinya jangan sembarangan membuat suatu link. Akan tetapi, buat link yang berkaitan erat dengan industri yang anda miliki. Maksudnya lihat pembahasan paling besar dalam website anda dan carilah link yang sesuai dengan konten tersebut.
  2. Jangan terlalu berlebihan dalam pemakaian link dalam situs anda karena akan dianggap spam dan juga kurang enak dilihat dimata pengunjung.
  3. Gunakan Keyword Sebagai Anchor, Maksudnya teks untuk link semaksimal mungkin.
  4. Berhati-hati terhadap orang yang di link, janganlah kalian membuka link ke situs yang jelek dan situs-situs yang kurang bermutu karena itu akan menurunkan kualitas situs anda.
  5. Jangan Buat Halaman Yang dikhususkan Untuk Link karena ini akan menjadi halaman spam.
  6. Monitor Link, anda harus rajin mengecek apa link tersebut masih aktif atau terputus.
Sejarah Bookmark Sosial
Salah satu penyedia layanan bookmark sosial yang mempopulerkan istilah bookmark sosial adalah del.icio.us (sekarang disebut Delicious) yang didirikan pada tahun 2003.

Delicious memelopori penggunaan tag dan mempopulerkan istilah social bookmark, pada tahun 2004, ketika Delicious mulai reda, muncul furl dan simply, ada juga Citeulike dan Connetea kemudian diikuti dengan StumbleUpon.

Pada tahun 2006, muncul lagi seperti ma.gnolia, blue dot (yang kemudian diubah menjadi faves), dan diigo memasuki bisnis bookmark sosial ini. Termasuk Connectbeam meluncurkan layanan social bookmark untuk bisnis dan perusahaan, pada tahun 2007, IBM merilis Lotus Connections untuk keperluan social bookmarking pula.

Apa keuntungan dan kerugian Bookmark Sosial
Menggunakan layanan bookmark sosial memiliki berbagai keuntungan dibanding dengan metode penyimpanan URL tradisional. Penyimpanan dengan menggunakan Bookmark Sosial memiliki beberapa keuntungan, seperti lokasi yang mudah dicari sehingga anda tidak perlu menyediakan perangkat, dan data link mudah di indeks oleh Crawler.
Selain itu kreditblitas dari bookmark sosial lebih dipercaya karena semua tag untuk mengelompokkan sumber daya internet (seperti situs web) dilakukan oleh manusia, bukan dilakukan oleh mesin. Karena manusia lebih memahami isi dari sumber daya dibanding dengan Crawler dimana Crawler yang mungkin bisa salah algoritmanya (diakali oleh manusia). Keunggulan lain adalah orang lain bisa dengan mudah menemukan bookmark dari halaman web yang belum melihat atau di indeks oleh web spider.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda