Wednesday, July 10, 2013

Keistimewan Tamu Buat Tuan Rumah

Jika ada tamu atau teman, saudara yang berkunjung kerumah kita maka muliakan dia, karena sesungguhnya mereka datang dengan membawa seribu barokah buat si tuan rumah.
Memang kadang kala manusia ada juga yang tidak suka rumahnya kedatangan tamu, dalam hal ini mungkin tertutup, atau memang ada situasi yang tidak memungkinkan, tapi jika tamu itu datang, mereka juga tidak tahu sedang apa yang terjadi dirumah kita, tapi mereka datang mungkin dengan tujuan silaturahmi, atau hal tertentu jika memang memberatkan semua bisa di bicarakan dengan secara santun.

Dimana Rasulullah bersabda :
"Barang siapa memuliakan tamu, ia telah memuliakan aku, dan barang siapa telah memuliakan aku, dia telah memuliakan Allah swt. Dan Barang siapa membenci tamu, ia telah membenci aku, dan barang siapa telah membenci aku maka ia telah membenci Allah"

Bertamu ke suatu rumah itu sebenarnya sudah diatur jalannya oleh Allah, jadi jika ada tamu yang datang itu sudah menjadi kehendak Allah maka muliakan. Walaupun kita hanya punya makanan atau minuman seadanya maka dia telah memuliakan tamu, dan Allah telah bukakan pintu surga untuknya. Tapi jika kita ada tamu lalu kita punya makanan dan tidak kita suguhkan tapi kita sembunyikan, tipe orang seperti ini dia tidak akan mendapatkan karunia Allah pada saat hari qiamat.
Kadang orang tua kita jaman dahulu, sering mengajarkan kalau malam hari makanan jangan sampai dihabiskan takutnya ada tamu yang datang. Perkataan ini sebenarnya masuk akal bila dikaitkan dengan hadits tersebut.
Karena barang siapa memberi makan orang yang lapar maka dia patut masuk surganya Allah swt. Sungguh keutamaan yang begitu mulia.Jadi menjamu tamu, itu termasuk menafkahkan harta benda di jalan Allah, jadi Allah telah janjikan untuk orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah, dia terselamatkan dari, rasa ketakutan, kesukaran, dan segala macam bala dari dunia sampai akherat.
Inilah keistimewaan tuan rumah yang kedatangan tamu, rumah menjadi berkah adem, karena ribuan barokah datang bersama dengan tamu tersebut. Dapat menolak tujuh puluh bala, baik yang ringan sampai yang paling berat, dan keistimewaan kita menjamu tamu yang sudah pasti dijanjikan, terhindar dari penyakit kusta dan sopak.

Kalo belum tahu keistimewaannya yah tidak apa, tapi sekarang jika sudah paham keistimewahan tamu yang datang, maka mulailah muliakan, karena itu adalah ladang barokahnya Allah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda