Wednesday, July 1, 2009

Keutamaan Bulan Sya'ban

مَن كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ ٱلْءَاخِرَةِ نَزِدْ لَهُۥ فِى حَرْثِهِۦ ۖ وَمَن كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ ٱلدُّنْيَا نُؤْتِهِۦ مِنْهَا وَمَا لَهُۥ فِى ٱلْءَاخِرَةِ مِن نَّصِيبٍ
Artinya :  Barang siapa yang, dengan amal perbuatannya, menginginkan pahala akhirat, Kami akan memberikan pahala itu secara berlipat ganda. Sedangkan orang yang, dalam amal perbuatannya, menginginkan kesenangan dunia saja, akan Kami berikan bagian itu saja. Dan di akhirat kelak, ia tidak akan memperoleh apa-apa.(QS Asy Syura ; 19)

Rasulullah bersabda : Kelebihan bulan sya'ban atas bulan-bulan lainnya, seperti kelebihan Ku diatas Nabi-nabi. Sedang kelebihan bulan Ramadhan diatas bulan lainya. Seperti kelebihan Allah atas hambanya.

Diriwayatkan Rasulullah bersabda : yar pa'ullahu aqmalaa i'badi kulliha pii'huzassauri
Artinya : Allah menaikan amalan-amalan hamba-Nya dalam bulan ini (sya'ban)

Datanglah jibril pada malam pertengahan bulan sya'ban, dan berkata : "Ya Muhammad, malam ini pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat terbuka, maka bangunlah sembayanglah dan angkatlah kedua kepala dan tangan mu kelangit". "malam apakah ini jibril ?". Rasulullah bertanya. "Inilah dimana malam dibuka 300 pintu rahmat, dimana Allah SWT, mengampun manusia yang tidak bersyirik kepada Allah SWT, kecuali tukang sihir, tukang minum khamer, pemadat (kalo sekarang pemakai narkoba), pelaku zina, pemakan riba, pendurhaka orang tua, tukang fitnah, dan pemutus hubungan keluarga. Mereka itu tidak di ampuni sampai mereka bertaubat". Lalu Rasulullah saw keluar bersholat, dan menangis dalam sujudnya : "Ya Allah, aku berlindung kepada Mu dari azab Mu dan kemarahan Mu, aku tidak dapat menghitung pujian-pujian atas Mu ya Allah, sebagaimana engkau memuji atas diri Mu sendiri ya Allah, bagi segala puji sampai Engkau ridho ya Allah".
Dimana malam bulan sya'ban adalah, malam pintu taubat, pintu rahmat dibuka, di hikayatkan Muhammad bin Abdullah Azzahid bercerita : dia bertemu kawannya dalam mimpi, yaitu Abu Hafash Alkabir, dia bertanya, wahai kawan ku kenapa wajah mu begitu sangat pucat, tidak seperti semasa engkau hidup didunia, lalu kawannya menjawa "sesungguhnya, saat aku dimasukkan kedalam liang lahat, telah datang kepadaku dua malaikat, dan menghitung semua dosa-dosaku, lalu mereka memukulkan kayu, meng-azabku, dengan pukulan itu membuat remuk semua tulang-tulang ku, dan membuat hangus seluruh tubuh ku, sampai tibalah di bulan sya'ban alu mendegar ada suara yang menyeru "Hai malaikat, hentikanlah siksaan dan azabmu pada orang ini..!! Karena dia telah menghidupkan suatu malam dalam bulan sya'ban dengan beribadah dan berpuasa dalam bulan sya'ban". sejak itulah Allah membebaskan aku dari adzabnya dan siksaannya. Karena ibadah dan puasaku dalam bulan sya'ban serta menjanjikan surga dan rahmatnya kepada ku.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda