Wednesday, July 17, 2013

SEO Primer dan Skunder

Search Engine Primer Search engine primer adalah jenis yang paling sering muncul di ingatan saat Anda berpikir tentang search engine. Beberapa di antaranya mengindex hampir semua situs yang ada di internet. Contohnya, Yahoo!, Google, dan MSN. Ketiganya termasuk ke dalam jenis search engine primer. Search engine primer inilah yang menjadi penghasil traffik dan menjadi fokus utama dari usaha SEO Anda. Masing-masing search engine primer punya cara yang berbeda. Misalnya Lycos yang sebenarnya lebih dulu muncul, tapi kalah populer di banding Google, kenapa? Sepertinya karena orang sudah tahu bahwa saat ingin mencari di internet, Google dapat memberikan hasil yang lebih baik. 

Perbedaan yang terdapat dari hasil pencarian itu adalah hasil dari algoritma pencarian yang di gunakan saat membuat searh engine. Search engine primer umumnya lebih dari sekedar mesin pencari. Fitur-fitur tambahan, misalnya e-mail, pemetaan, news, dan berbagai jenis aplikasi hiburan juga di sediakan oleh perusahaan pemilik search engine primer. Elemen-elemen tersebut ditambahkan jauh setelah mereka memantapkan diri sebagai search engine, sebagai cara untuk memancing lebih banyak orang agar memanfaatkan search engine. Meski fitur-fitur tersebut tidak mengubah cara orang dalam mencari, tapi akan berpengaruh terhadap cara mereka memilih search engine. 

Google Secara Umum Setiap search engine punya sedikit perbedaan. Google adalah raja dari search engine. Itu antara lain karena tingkat keakuratan dari hasil pencariannya. Betul, Google memang menawarkan semua jenis fitur tambahan, misalnya e-mail, dan berbagai aplikasi yang menjadi nilai tambah terhadap jasa yang di sediakannya. Tapi bukan itu yang menyebabkannya jadi populer. Apa yang membuat Google menjadi penguasa adalah akurasi dari hasil yang di berikannya. Akurasi ini di kembangkan saat perancang Google mengkombinasikan antara pencarian keyword dengan link popularity. Kombinasi ini menghasilkan tingkat akurasi yang tinggi di banding jika menggunakan keyword saja. Akan tetapi, sangat penting untuk memahami bahwa link popularity dan keyword hanyalah dua dari ratusan kriteria lain yang digunakan oleh searh engine dalam merangking tingkat relevansi dari suatu halaman web. Yahoo! Secara Umum Orang umumnya berasumsi bahwa Yahoo! adalah search engine, dan memang betul. Tapi selain itu, Yahoo! juga adalah web directory. Yang artinya, Yahoo! melisting berbagai halaman web yang ada di internet, mengelompokkannya ke dalam kategori dan sub kategori. Bahkan pada awalnya, Yahoo! hanyalah daftar yang berisi data-data mengenai situs-situs favorit dari dua orang pendirinya. 
Dengan penggabungan dari beberapa perusahaan misalnya Inktomi, All the Web, AltaVista, dan Overture, Yahoo! kemudian mendapat posisi di pasar search engine. Yahoo! yang pernah menggunakan Google untuk mencari ke dalam link direktorinya, sekarang sudah mampu merangking halaman menggunakan teknologi yang terus di kembangkan seiring waktu. Akan tetapi, kemampuan Yahoo! dalam merangking belum seakurat Google. Selain itu, Yahoo! juga mempunyai program inclusion berbayar, yang menurut sebagian pendapat cenderung untuk mempengaruhi hasil pencariannya dalam usaha melayani yang membayar tertinggi. MSN Secara Umum Kemampuan MSN dalam mencari tidaklah sematang Google atau Yahoo! Dan akibatnya, MSN belum mempunyai kemampuan untuk menganalisis link secara mendalam, seperti yang di miliki oleh search engine primer lainnya. Dalam merangking, MSN hanya bergantung pada content. Akan tetapi, ini mungkin mempunyai efek yang positif bagi website baru yang ingin di listing oleh search engine. Kemampuan merangking link dari Google dan Yahoo! dapat menjadi penghalang bagi webiste baru untuk di listing dalam waktu yang singkat. Itu disebabkan karena kualitas dari link mungkin akan menjadi pertimbangan selama masa perangkingan. Sebab, link yang masih baru seringkali di abaikan sampai batas waktu tertentu. Karena MSN sangat bergantung pada content, maka website yang di design dengan benar dan mengandung rasio keyword yang cukup, akan cepat di listing oleh MSN. Jadi, meski bukan yang paling populer, tapi MSN tetap search engine primer, dan lebih baik bisa di listing di sana dengan cepat agar membantu meningkatkan trafiik, dari pada menunggu. 
Search Engine Sekunder Search engine sekunder adalah search engien yang mentargetkan sekelompok kecil audience yang spesifik, meski content dari search engine itu sendiri masih bersifat umum. Search engine tidak tidak menghasilkan traffik sebanyak search engine primer. Tapi tetap bermanfaat untuk pencarian secara regional dan spesifik. Contoh dari search engine sekunder ini misalnya Lycos, LookSmart, Miva, Ask.com, dan Espotting. Sama seperti search engine primer, cara mereka merangking juga akan bervariasi. Sebagian akan sangat bergantung pada keyword. Sementara yang lain pada link, meta tags, dan beberapa kriteria lain. Search engine sekunder seharusnya tetap di sertakan dalam rencana SEO. 

Meski mungkin tidak menghasilkan traffik sebanyak search engine primer, tapi tetap memberikan traffik yang berharga yang seharusnya tidak di anggap remeh. Banyak user yang loyal terhadap search engine sekunder ini, contohnya AOL. Meski sebagian usernya telah pindah ke ISP lain (broadband), tapi mereka masih tetap menggunakan AOL search jika memungkinkan, karena mereka telah merasa nyaman menggunakannya. 3. Search Engine Penargetan Search engine penargetan atau tarkadang di sebut juga dengan topical search engine, adalah jenis yang paling spesifik. Search engine ini sangat fokus, biasanya untuk topik-topik umum, misalnya kesehatan, science, travel, sports, dan beberapa topik lainnya. Contoh dari search engine jenis ini misalnya CitySearch, Yahoo! Travel, dan MusicSearch, dan kriteria perangkingannya juga akan bervariasi. Saat ingin melakukan SEO untuk search engine jenis ini, harap di ingat bahwa banyak dari search engine jenis ini yang jauh lebih fokus dari pada search engine primer ataupun sekunder. Jadi, carilah yang topiknya relevan dengan topik utama dari website Anda.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda