Wednesday, July 17, 2013

Search Engine Artikel

Search Engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. 
Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya. Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. 
Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih bayak lagi. Berbeda dengan web directory yang meng-index halaman website di internet secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki bisasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Itulah sebabnya sekarang ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan directory + search engine. 
Contoh nyata adalah Yahoo yang menggandeng Google sebagai search engine default-nya. Contoh beberapa directory terkenal selain Yahoo adalah Open Directory Project, Looksmart, dan NBCi. Sekarang udah ngertikan apa itu Serach engine, Mesin Pencari, alias Mesin Penelusur Search engine di bagi atas tiga kelompok Search Engine Primer Search engine primer adalah jenis search engine yang umum kite kenal salama ini, yaitu Google, Yahoo!, dan MSN. Search engine-search engine primer inilah yang menjadi pemberi traffik terbesar bagi kita. Maka sudah wajar jika search engine primer ini akan menjadi fokus utama dari usaha SEO yang kita lakukan. Masing-masing search engine ini punya karakter yang berbeda. Sebagai contoh, dari sejarah search engine kita bisa tahu kalo ternyata Lycos itu umurnye lebih tua dari pada Google. Lycos dibuat pada tahun 1994, sedangkan Google baru dibuat pada tahun 1997. Tapi, pada kenyataannya Goole lebih populer daripada Lycos. Kenapa Google yang lebih muda 3 tahun bisa mengalahkan Lycos yang lebih senior? ini dikarenakan para pengguna internet tahu kalau Google menyediakan hasil pencarian yang lebih akurat ketimbang Lycos. Nah, perbedaan hasil pencarian inilah yang membedakan masing-masing search engine. Perbedaan itu adalah hasil dari algoritma pencarian yang mereka gunakan.
Masih ingat cerita mengenai algoritma pencarian? Kebanyakan, bahkan mungkin semua search engine utama yang kita kenal ini bukan hanya sekedar sebagai search engine di internet. Search engine-search engine utama ini, disamping menyediakan fasilitas untuk web search, mereka juga menyediakan berbagai layanan lainnya. Misalnya layanan email, group, blog platform (blogger), dan lain-lain. Semua layanan tambahan ini biasanya mereka berikan saat bisnis search engine nya sudah mampu memiliki kekuasaanya di internet. Berbagai layanan tambahan itu tidak mengubah ataupun mempengaruhi cara kerja search engine, maupun cara orang dalam menggunakan search engine tersebut. Layanan-layanan itu mungkin hanya mengubah pendapat orang dalam memilih search engine. 
Untuk lebih mengenal masing-masing search engine yang termasuk dalam kelompok search engine utama ini, buku SEO ini memberikan sedikit informasi tambahan mengenai masing-masing search engine. Berikut ini gambaran secara umum mengenai masing-masing search engine. Google The King of Search Engine, itulah julukan yang diberikan untuk Google. Julukan itu memang pantas diberikan kepada Google. sebab Google memberikan tingkat ke-akurat-an yang bisa memuaskan banyak pihak. Seperti juga Yahoo!, Google memang memberikan berbagai fasilitas tambahan kepada mereka yang menginginkannya. Seperti dalam pencariannya memuat foto, video dan file yang bersangkutan, dapat menterjemahkan halaman berbahasa asing, misalkan halaman berbahasa Inggris dapat diterjemahkan menjadi berbahasa Indonesia, dll.. Tapi sekali lagi ditekankan bahwa, fasilitas tambahan itu bukanlah penyebab utama kepopuleran Google. Keakuratan lah yang menyebabkan Google begitu populer. 
Keakuratan ini mulai dikembangkan saat para pendesign Google mulai menambahkan faktor link popularity kedalam teknik perangkingannya. Kombinasi antara keyword dan link popularity ini, memberikan tingkat keakuratan yang tinggi jika dibanding hanya menggunakan keyword saja. Namun perlu diingat juga bahwa, link popularity dan keyword hanyalah dua dari sekian banyak faktor yang diperhitungkan saat Google merangking tingkat relevansi dari suatu web page terhadap suatu topik. Yahoo! Yahoo! adalah sebuah search engine. Tapi selain search engine, Yahoo! juga memiliki apa yang disebut dengan Web Directory. Jika kamu belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Web Directory itu, berikut gambarannya secara umum. Web Directory adalah kumpulan dari web page yang ada di internet. 
Web page-web page itu dikelompokkan kedalam beberapa kategori utama. Dari beberapa kategori utama ini, dipecah atau dibagi-bagi lagi mencari sub katergori yang lebih spesifik. Web directory ini fungsinya mirip dengan search engine, yaitu untuk mencari, mengelompokkan, kemudian merangking atau mengindex berbagai web page yang ada di internet. Jadi kita bisa menggunakan web directory ini untuk mencari web page berdasarkan kategori yang kita inginkan. Yahoo! sebenarnya pada awal pembuatannya adalah sebuah web directory. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca mengenai sejarah Yahoo!. S eiring perkembangannya, Yahoo! akhirnya dikenal juga sebagai search engine. Namun tidak seperti Google, dalam upayanya menyediakan fasilitas web search, Yahoo! tidak bekerja sendirian. Yahoo! bekerjasama dan menggunakan jasa dari pihak ketiga, misalnya Inktomi, AllTheWeb, AltaVista, Overture, dan juga Google. Bing BING mesin pencari yang baru dari Microsoft, telah datang dan mengambil perhatian banyak orang dengan cepat. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu : pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar, pencarian berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing. Search Engine Sekunder Jika tadi kelompok-kelompok search engine primer, maka berikutnya adalah search engine yang termasuk dalam kelompok sekunder. Apa yang dimaksud dengan search engine sekunder ini? Mereka disebut search engine sekunder karena mereka mempunyai audience atau user yang lebih spesifik. 
Search engine yang masuk kedalam kelompok search engine sekunder ini biasanya memang dibuat dan ditujukan khusus untuk kalangan tertentu saja. Misalnya untuk pengguna dari negara-negara tertentu saja. Search engine sekunder mungkin memang tidak memberikan traffik sebanyak search engine primer. Antara lain itu disebabkan oleh keterbatasan seperti yang sudah disebutkan diatas. Namun tentu ada satu keuntungan atau kelebihan yang dimiliki oleh search engine sekunder itu, apa? Kalo kita analisa lagi kalimat diatas, maka kita akan mendapatkan jawabannya, yaitu? Search engine sekunder dibuat dan ditujukan untuk kalangan spesifik, yang artinya mereka punya audience atau user yang spesifik pula. Itu artinya? Jika kebetulan search engine tersebut memiliki audience yang sama dengan audience yang menjadi target kita, maka???? Maka traffik yang kita dapatkan dari search engine sekunder ini adalah memang traffik yang menjadi target utama kita. Itu artinya kita tidak perlu repot-repot lagi mencari orang-orang yang menjadi target utama kita. Kita cukup memfokuskan diri pada search engine sekunder yang mempunyai audience yang sama dengan audience yang menjadi target dari usaha SEO yang kita lakukan. Seperti juga search engine yang termasuk dalam kelompok primer, search engine sekunder ini juga mempunyai algoritma yang berbeda dalam hal merangking. 
Mereka mempunyai penekanan pada kriteria yang berbeda-beda dalam hal penentuan rangking. Ada yang lebih menekankan pada penggunaan keyword, sementara yang lain lebih menekankan pada link, dan seterusnya. Search engine sekunder ini tidak bisa kita abaikan saat kita mulai membuat perencanaan SEO. Seperti yang sudah dikatakan tadi, walau mungkin traffik yang mereka berikan tidak sebanyak traffik dari search engine primer, namun traffik tetaplah traffik. Lycos, Miva, LookSmart, Ask.com, dan Espotting adalah contoh-contoh search engine yang termasuk dalam kelompok sekunder. Targeted Search Engine Targeted search engine terkadang disebut juga topical search engine. Yaitu search engine yang lebih spesifik dari yang spesifik. 
Search engine ini biasanya dibuat untuk melayani user-user yang mempunyai ketertarikan pada topik-topik yang tertentu. Topik-topik ini biasanya bersifat umum, misalnya masalah kesehatan, bisnis, pendidikan, teknologi, dan sejenisnya. Contoh-contoh search engine targeted ini misalnya, CitySearch, Yahoo! Travel, dan MusicSearch. Seperti juga search engine sekunder yang kita bicarakan diatas, traffik yang ke atau dari search engine kelompok targeted ini adalah traffik yang benar-benar spesifik. Carilah search engine targeted yang mempunyai relevansi dengan topik yang menjadi target usaha SEO yang kita lakukan, itu pesan dari penulis buku SEO ini. karakter-karakter pada search engine # Tanda (+)Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata hacking, security dan internet. 
Anda dapat mengetikkan kata disearch engine : +hacking +security +internet Jika terdapat artikel yang memuat salah satu atau dua kata tersebut diatas tidak akan ditampilkan hanya artikel yang memuat tiga kata tersebut yang di tampilkan . Tanda + dibaca oleh search engine sebagai DAN symbol ini dapat dipakai sebanyak-banyak nya misalnya: +harga +komputer murah +untuk +wilayah + medan. Dan sebagai nya. # Tanda (-) Ingin mencari artikel yang didalamnya terkiandung kata statistic penduduk sumatera kecuali Medan. Ketik di search engine : +statistic +penduduk +sumatera - Medan. Search engine yang bersangkutan akan mencari di internet artikel yan mengandung kata Statistik penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata medan. Atau seperti ini +tempat +wisata +bali -kuta. Maka search engine akan menampilkan artikel tentang tempat wisata di bali dan pada artikel tersebut tidak terdapat kata kuta. Tanda – dibaca oleh search engine sebagai KECUALI. # Tanda (“)Ingin mencari artikel di internet yang didalamnya terdapat kata hacking dan security dan kata tersebut tidak duipisah kan oleh kata-kata yang lain. Ketik di search engine : “hacking dan security” maka search engine yang bersangkutan akan mencari kata hacking dan security yang katanya tidak dipisah kan oleh kata-kata lain. Apabila ada artikel yang mengandung kata hacking dan security yang katanya dipisah kan oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak ditampilkan oleh search engine yang bersangkutan. Dan anda dapat juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh berikut ini: +kuliah +”ilmu komputer” –bayar. Search engine akan mencari artikel di internet yang terdapat kata kuliah ilmu komputer kata ilmu computer tidak akan dipisah kan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan artikel tersebut bila terdapat kata bayar. 
Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk memisah kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akaan dibaca ATAU contoh Ketik di search engine : ilmu computer Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau komputer atau yang mengandung kata kedua-dua nya. Simbol Bolean Seperti yang kita ketahui symbol bolean adalah kata-kata OR, AND dan NOT. Kita dapat menggunakan symbol tersebut dalam mencari informasi di internet. # Bolean OR Pada dasar nya symbol bolean OR sama seperti apabila kita menggunakan spasi contoh : ilmu OR komputer Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau kata komputer atau kedua-duanya. # Bolean AND Penggunaan bolean AND sama dengan karakter/tanda + Contoh : ilmu AND komputer Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu komputer apabila tidak terdapat salah satu dari kata tersebut tidak akan di tampilkan. # Bolean NOTPenggunaan bolean NOT sama dengan tanda (- ) contoh saya akan mencari infor- masi tentang statistic penduduk di sumater tetapi tidak termasuk medan. Ketik di sdearch engine : Statistik AND penduduk AND sumatera NOT medan search engine akan menampilkan web yang berisi kata statistic penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata medan. # Bolean NEAR Contoh : saya ingin mencari kata ilmu komputyer yang jarak antara kata tersebut berdekatan. Ketik di search engine : ilmu NEAR komputer maka search engine akan menampilkan web yang berisi kata ilmu komputer yang jarak antara kedua kata tersebut berdekatan. Penggunaan Bolean tersebut diatas dapat juga digabungkan contoh Saya ingin mencari definisi dari kata cinta atau kasih maka dapat di ketik di search engine : definisi AND (cinta OR kasih) Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata defini cinta atau definisi kasih. Untuk contoh selanjut nya anda coba sendiri. 
Penggunaan Host Pencarian informasi dapat juga dengan menggunakan kata Host, Contoh: # Saya ingin mencari website ilmu komputer.com maka saya dapat mengetikkan di search engine host: ilmukomputer.com # Saya ingin mencari kata php di website ilmukomputer.com maka saya dapat mengetikkan kata : php host: ilmukomputer.com atau host:ilmukomputer.com php. # Saya ingin mencari kata pertahanan di situs-situs pemerintahan indonesiamaka saya dapat mengetikkan di search engine: pertahanan host: go.id. Symbol/karakter matematika dapat juga digabungkan dalam pencarian ini contoh: Saya akan mencari kata pesawat tetapi bukan yang terdapat didalam website menristek.go.id maka saya dapat mengetikkan di search engine : pesawat -host: menristek.go.id. # Mencari informasi berdasarkan type file Ada sebagian orang mencari informasi berdasrkan type file.Contoh: Saya ingin mencari artikel tentang hacking dan security dan artilkel tersebut harus dalam format pdf. Dan saya dapat mengetikkan di search engine : +hacking +security filetype: pdf dan search engine akan menampilkan artikel tentang hacking dan security dengan format pdf contoh lain :saya ingin mencari artikel tentang ilmu computer didalam website yang sufiksnya ac.id artikel tersebut harus file bertype pdf maka saya dapat mengetikkan di search engine +ilmu +komputer filetype:pdf host ac.id # Mencari informasi berdasarkan judul situsKita juga dapat mencari situs web berdasarkan judulnya.Contoh :Ketik di search engine title: computer Maka search engine akan menampilkan situs yang mengandung judul komputer. sedangkan pada search engine yahoo tidak mengenal kata TITLE tetapi hanya disingkat T. # Mencari informasi berdasarkan URLPencarian dengan cara ini akan menampilkan URL yang diminta Contoh :inurl:computer 
Maka semua search akan menampilkan semua URL yang ada kata omputernya seperti www.ilmukomputer.com/komputer dsb. Contoh lainnya hp inurl:ilmukomputer.com maka search engine akan menampilkan seluruh artikel yang mengandung kata php pada subdomain ilmu komputer.Dan pada google juga mengenal kata allinurl tetapi pencarian ini hanya terbatas pada subdirectory, Sedangkan sampai ke level file atau dengan kata lain inurl lebih dalam pencariannya tidah hanya terbatas pada subdirectory. Dan yang perlu di ingat Tidak semua search engine mengenal karakter matematika dan Bolean.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda