Tuesday, July 6, 2010

Sholat Tahajjud

Orang yang bangun malam dan mendirikan sholat tahajjud, sebagai tambahan atas yang wajib, maka Allah akan mengangkat derajatnya setinggi-tingginya. 
Barang siapa bangun malam dan mengerjakan sholat, lalu dia membaguskan sholatnya, Maka Allah memuliakan dia dengan sembilan macam perkara :

1. Dia dijaga oleh Allah dari berbagai macam bencana
2. Berkat ketaatannya, Allah perlihatkan wajah yang bersih dan bersinar.
3. Disukai oleh hamba-hamba Allah yang sholeh dan di sukai oleh semua manusia.
4. Lisannya mampu mengucapkan kalimat-kalimat yang penuh hikmah.
5. Dia dijadikan orang yang bijaksana, yakni diberi rezeki kepahaman.
lima hal yang diatas itu yang akan terjadi didunia dan yang empat hal akan diberikan oleh Allah di akherat, sebagai berikut :
6. Mereka yang tahajjud di halau dari kuburnya dengan berwajah putih berseri.
7. Mereka yang tahajjud dimudahkan atau diringankan saat di hisab
8. Mereka yang tahajjud dengan mudah melewati jembatan shirathal mustaqim, laksana kilat yang menyambar.
9. Diberikan kitab catatan amalnya dengan tangan kanan dihari qiamat nanti.
Sholat malam adalah kebiasaan orang-orang yang shalih sebelum kita, jadi contohlah apa yang telah mereka kerjakan, bahkan di riwayat keluarga nabi daud juga melaksanakan sholat malam. Jadi ini sebenarnya peringatan buat kita, untuk melaksanakan sholat malam karena kita adalah sebaik-baiknya ummat. Sholat malam juga adalah penyempurnaan bagi orang-orang yang shalih.
Sholat malam membuat Allah semakin dekat kepada kita, karena dimana orang tengah terlelap tidur, kita menjaga tidur kita, bangun dan melaksanakan sholat disaat malam yang sepi. Disaat itulah Allah bertanya kepada malaikatnya, "adakah hambaku di sepertiga malam ini yang bangun beribadah kepadaku, jika ada maka akan Ku kabulkan doa-doanya.
Itu sebagai bukti Allah sangat cintanya pada hamba-hamba yang bangun untuk sholat malam, sebagaimana di sampaikan dalam hadits qudsyi, yaitu Allah berfirman : "LAYAZALUL ABDU YATAQOROBU ILLAYA BINNAWA PILI HATTA U'HIYAHU" Artinya : Masih saja seorang hamba mendekat diri kepada KU, sehingga Aku mencintainya. Disini di artikan selama hamba itu dekat kepada Allah, Maka Allah mencitainya. Jadi jika pemahaman ini terjadi, tentu saja Allah akan memberi kemudahan-kemudahan apa-apa yang menjadi kesulitan hidup. Jadi saudara-saudaraku kaum muslim yang di rahmatkan Allah, jangan tunda sholat malam mu, jika memang ada waktu, coba dirikanlah, jadikan malam itu sebagai tempat mengadumu kepada Allah, tentu Allah akan menjadi tempat curhat yang paling baik, dan bisa di andal atas segala urusan kita. Janganlah kita mengantungkan urusan kita kepada sesama manusia.
Rasulullah bersabda : "Ya ' qidusy syaithaanu' alaa naashiyati ra-si ahadikum idz huwa naa imun tsalaatsa' uqadin : Fa idzastaiqazda fa dzakaras mallaahi ta'aala inhallat 'uqdatun waahidatun, tsumma idzaa tawadhdhaa inhallat uqdatun tsaaniyatun, tsumma idzaa shalla inhallat' uqdatun tsaalitsatun, fa ashbaha nasyiithan, wa illaa baalasy syaithaanu fi udzunaihi".
Syetan itu mengikat ubun-ubun kepala seorang dari kamu, yang sedang tidur dengan tiga ikatan :
  1. Apabila dia bangun dan membaca asma Alla (Bismillaahir Rahmaanir Rahiimi), maka terlepaslah satu ikatan.
  2. Apabila dia kemudian bergegas mengambil air wudhu, maka terlepaslah ikatan kedua.
  3. Dan apabila dia terus mengerjakan sholat, maka terlepaslah ikatan ketiga.
Dan dengan kejadian ini itu syetan bukanya kapok, malahan tambah giat lagi, yaitu dia kencing dikedua teliga kita, biar kita tidak bisa mendengar panggilan sholat saat tidur. Maka bacalah doa sebelum kita tidur. Yaitu : "Bismikallahumma ahyaa wa bismika amuut" Artinya : Dengan menyebut nama Mu ya Allah aku hidup, dan dengan menyebut nama Mu ya Allah aku mati.
Dan apabila dalam sholat malamnya kita membaca sepuluh ayat maka kita tidak tergolong orang-orang yang lupa, dan apabila sholat malam setiap harinya dengan seribu raka'at maka pahalanya sama dengan membebaskan 1000 budak, mengerjaka sholat untuk seribu jenazah, melakukan ibadah haji 1000x dan melakukan perang 1000x, tapi itu tidak bermanfaat baginya sebelum dia menunaikan zakat hartanya. karena Rasulullah bersabda : Hubbud dunyaa rasu kulli khathii atin Artinya : Cinta dunia itu pangkal segala kesalahan, orang yang males berzakat itu timbul karena dia cinta dunia.
Mengenai Sholat Tahajjud ini Allah telah menegaskan dalam Al-qur'an di surah Al-Muzzammil :

AL-MUZZAMMIL (ORANG YANG BERSELIMUT) Pendahuluan: Makkiyyah, 20 ayat ~ Dalam surat yang mulia ini, Allah Swt. memerintahkan rasul-Nya untuk mengisi sebagian besar malam dengan salat dan membaca al-Qur'ân. Rasul pun, sesuai perintah Tuhannya, beserta sekelompok orang yang mengikutinya menjalankan perintah itu. Tetapi di akhir surat ini, Allah memberikan keringanan kepada rasul dan pengikutnya, meskipun tetap menyuruh mereka untuk melaksanakan salat, menunaikan zakat serta memperbanyak sedekah dan istighfar. Di pertengahan surat, Allah Swt. menyuruh rasul-Nya agar bersabar menghadapi berbagai ucapan orang yang mendustakannya. Biarkanlah mereka mendapatkan azab yang dijanjikan Allah. Sesungguhnya Allah mengancam orang-orang kafir itu dengan azab yang pernah diturunkan kepada Fir'aun dan pengikutnya akibat menentang dan melanggar ajakan rasul mereka. Selain itu, Allah juga memaparkan tentang kedahsyatan hari kiamat agar mereka menjadi takut. Wahai orang yang melipat diri dengan selimut, bangunlah pada malam hari untuk melakukan salat. Kurangilah waktu tidurmu. Isilah--dengan salat--seperdua malam atau kurang sedikit hingga mencapai sepertiganya. Atau tambahkanlah waktunya hingga mencapai duapertiga dari waktu malam itu. Bacalah al-Qur'ân secara perlahan-lahan sehingga jelas huruf dan saat berhentinya. Bacalah dengan bacaan yang baik dan benar. 






No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda