Monday, July 15, 2013

Duplikasi Konten

Kejadian yang sering dijumpai dalam pembuatan website adalah konten ganda. Ini terutama dipraktekkan oleh para pemburu dollar yang bingung ketika mencari bahan untuk meng-update websitenya.

Pada kenyataannya, jalan pintas menyalin konten milik orang lain ini berbahaya bagi SEO karena satu artikel yang sama bisa diletakkan dibanyak website. Untuk menghindari hal ini, Search Engine sudah mengembang kan yang nama nya algoritma untuk mendeteksi konten yang sama dan akhirnya akan menghukum website yang menyalin konten dengan degradasi hasil pencarian.

Ada beberapa tipe konten duplikasi yang dipertimbangkan oleh search engine mungkin info ini bisa menjadi bahan masukkan buat para blogger.
  • Artikel yang terdistribusi dengan sangat luas, ini adalah artikel gratisan yang bebas disalin dan akhirnya muncul dibanyak website yang membahas suatu bidang tertentu. Misalnya artikel dari situs ezines.com yang disana banyak sekali membahas beraneka ragam topik. Anda harus menghindari menyalin konten seperti ini karena akan mengurangi kualitas hasil pencarian anda.
  • Deskripsi produk e-commerce, ini adalah deskripsi produk di toko online yang sering kali sama karena memang produknya sama, namun panjang teks umumnya tidak terlalu panjang dan tergantung pada copy paste yang dilakukan. Search Engine tidak terlalu memperdulikan hal ini.
  • Halaman web ganda, hal ini tidak bagus untuk rekan-rekan tiru, yaitu yang halaman kode HTML-nya menyalin mentah-mentah, sehingga tidak ada yang berbeda dengan halaman website lainnya.
  •  Konten hasil kombinasi dari berbagai macam sumber, jika pencampuran konten yang anda lakukan berhasil sehingga artikel sumber tidak terlihat menyerupai suatu artike yang baru maka tidak menjadi masalah. Akan tetapi, jika tata bahasanya dan susunan katanya masih terdeteksi sebagai plagiasi oleh mesin semantik oleh search engine maka posisi website anda akan sangat jelek dimata search engine.
Jadi kesimpulannya jangan sembarangan dalam melakukan copy paste konten, alangkah bagusnya anda baca dulu secara full dari isi konten, lalu setelah anda memahami apa yang menjadi pembahasan, dan anda ingin menaruh pembahasan tersebut di psotingan anda, sampaikan dengan bahasa anda walaupun maksud dan tujuannya sama arahnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda