Sunday, July 14, 2013

Penggunaan Frame Untuk Website

Beberapa website memerlukan frame. Frame adalah bagian dari website dimana setiap bagian adalah entitas website yang terpisah dari halaman karena tiap frame di website membuka halaman web yang berbeda-beda. Tampilan frame bisa menjadi masalah jika user membuka halaman web yang tidak kompatibel degan frame.

Selain itu ada masalah lain jika berurusan dengan frame, yaitu jika browser tidak bisa menampilkan frame untuk navigasi maka user akan kesulitan jika hendak menjelajah website. 
Ada beberapa alternatif solusi ketika penggunaan frame memang tidak dapat dihindari. Pertama adalah memikirkan alternatif solusi jika frame tidak muncul, yaitu mengisi sesuatu dengan tag noframe.

Tag ini akan mengarahkan browser untuk membuka situs tanpa sistem navigasi di frame jika browser gagal membuka frame di website anda. Dengan demikian, user akan melihat versi tidak utuh dari website anda. Namun yang penting aturannya sudah ditentukan.

Masalah lain dengan frame adalah Search Engine, biasanya menampilkan URL utama/internal saja dihasil pencarian Search Engine. Jika halaman internal tidak menampilkan navigasi maka pasti pengunjung kebingungan jika ingin mengunjungi bagian lain di website dan hanya bisa mengunjungi halaman internal itu saja.
Solusinya adalah dengan memberikan link di tiap halaman yang menuju kehalaman utama website, sehingga pengunjung bisa melihat halaman utama untuk mengembalikan tampilan penuh yang mengandung frame navigasi.

Di link tersebut kalian harus menambahkan kode target = "_top". Ini membuat website anda terhindar dari nesting didalam frame anda sendiri. Selain memudahkan user, juga memudahkan Search engine untuk mengindeks website anda. Kodenya misalkan seperti berikut :

<a href="index.html" target="_top"> Homepage </a>.

Jadi kesimpulannya, frame sebenarnya tidak disarankan untuk SEO, namun jika terpaksa menggunakannya, ada beberapa hal yang harus di perhatikan.

Semoga membawa manfaat buat blogger mania

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda