Thursday, July 11, 2013

Dasar Search Engine

A'u ilmin yuntafa ubi : Ilmu yang bermanfaat, semoga ini bermanfaat buat pemula yang sedang belajar ngeblog kaya saya. Konsep dasar search engine adalah sebuah tool untuk membantu pengunjung melakukan pencarian. Pengunjung mengisikan frase atau kata kunci di search box kemudian meng-klik button, dan semua hasil pencarian akan ditampilkan. Setelah itu pengunjung bisa mengklik, link yang dicari atau menarik menurut si pengunjung.
Dari sisi font end, memang search engine terlihat sederhana, tetapi di back end sebenarnya banyak proses yang terlibat didalamnya. Dibagian Back End sebenar search engine adalah sebuah program yang merupakan aplikasi yang dapat mengumpulkan informasi-informasi dari halaman web.
Informasi-informasi yang sudah dikumpulkan tersebut biasanya berupa kata-kata kunci yang ditangkap dari sebuah halaman web, berserta informasi penting lainnya seperti URL. Kemudian kode HTML dari halaman web disimpan dijadikan cache atau tembolok.
Jadi ketika user memasukkan kata kunci di antar muka, kemudian mengklik tombol search maka software di back-end ini akan melakukan analisa informasi yang disimpan di database back end dan kemudian menampilkan hasil pencarian berserta alamat URL dari hasil pencarian tersebut.

Proses untuk mengumpulkan informasi mengenai halaman web dilakukan oleh sebuah software yang disebut penjelajah-istilah ini sering di sebut sebagai crawler, spider, atau robot.

Robot penjelajah ini setiap kali pengunjung sebuah website akan mengambil URL, mengambil keyword dan frase kemudian mengirim balik ke server search engine untuk menyimpannya ke database, robot ini berkerja dengan sangat cepat untuk mengakomodasi tantangan pertumbuhan jumlah website yang sangat cepat. Saat ini hampir muncul dua juta website baru tiap bulan di seluruh dunia.

Bagian-bagian search engine 
Pertama adalah antar muka untuk query, yaitu antar muka yang digunakan untuk memasukan kata kunci yang ingin dimasukkan.
biasanya antar muka untuk memasukkan query ini biasanya suatu textbox dan button untuk mengeksekusi pencarian berdasarkan keyword yang dituliskan pada textbox. Saat ini beberapa search engine memberi fitur tambahan di antar muka untuk query ini. Misalnya yahoo yang menampilkan halaman mukanya menjadi portal yang tidak hanya mengakomodasi pencarian, namun juga bisa untuk mengecek email, yahoo messenger, berita-berita dan sebagainya.

Yang masih setia di antarmuka standart adalah google, walaupun demikian, google juga mempunyai fasilitas iGoogle atau Google gadget yang memungkinkan tiap user mengkostumasi halaman pencariannya digoogle. Untuk mengoptimalkan Seo diblogger silakan di cek dibawah sini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda