Thursday, July 11, 2013

Daya Guna Website

Seperti apa membuat website yang bagus ? website yang bagus adalah website yang mempunyai tingkat gaya guna yang tinggi, Artinya website yang memiliki daya guna adalah, ketika di klik akan menghasilkan tampilan yang benar dan tidak error. Selanjutnya website juga harus mempunyai fitur yang lengkap, seperti ada navigasi, loading halaman cepat, dan tidak ada kesulitan dalam mengoperasikan website.

Yang harus diperhatikan dalam membuat website adalah jangan membuat website yang terlalu berat, kebanyakan pengujung website adalah orang yang kurang sabaran ingin secepatnya melihat informasi diwebsite, apalagi jika pengunjung menggunaka koneksi internet yang lambat dia melihat website kita yang loading terlalu lama, maka dia akan pindah ke website lainnya.

Oleh karena itu jangan terlalu menggunakan teknologi yang bloatware, seperti flash atau aplikasi javascript yang kompleks, kecuali jika diperlukan, karena flash adalah salah satu file yang tidak disukai oleh search engine karena formatnya tertutup (bukan open source) sehingga membuat kemampuan search engine terbatas untuk mengindeks nya.

Sebagai contoh, crawler datang kesitus anda dan mendapati halaman pertama memiliki navigasi dari flash. Maka kemungkinan crawler akan kesulitan menuju halaman-halaman lainnya karena tidak mengenali URL halaman lainnya tersebut yang disebabkan ter-blok oleh file flash yang bersangkutan. Hasilnya, website tersebut tidak terindeks secara leluasa dan ranking website akan tetap rendah.

Kita juga harus membuat navigasi, agar memudahkan pengunjung website, ada 2 jenis navigasi yaitu navigasi internal dan navigasi eksternal. Navigasi internal adalah link yang akan menavigasi user dari halaman satu ke halaman lainnya, yang masih didalam website yang sama. Adapun navigasi eksternal adalah link yang di gunakan user keluar dari halaman website sekaligus keluar dari website.
Menurut aturan SEO, usahakan semaksimal mungkin membuat navigasi berdasarkan teks atau images dan hindari menggunakan navigasi page menggunakan flash.
Website-website terkenal biasanya memiliki navigasi teks di bagian sebelah kiri dari halaman. Selain itu demi alasan SEO, ini juga mempermudah pengunjung untuk berpindah antar halaman. Selain itu yang lazim pula di bagian atas.

Jadi sebisa mungkin gunakan navigasi berbasis teks karena lebih baik dan lebih mudah di indeks oleh crawler. 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda