Thursday, July 11, 2013

Menilai Situs Sebelum SEO

Ketika pertama kali ingin melakukan SEO, lihat dahulu bagaimana kondisi website dan webpage anda. Lakukan penilaian untuk tiap-tiap halaman web. Dalam SEO, halaman web sama pentingnya dengan website secara keseluruhan. Oleh karena itu, tentukan halaman mana yang mau diprioritaskan terlebih dahulu dibanding dengan halaman-halaman lainnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa terlebih dahulu di halaman website anda :
  • Tangging Halaman : Usahakan ada meta tag dihalaman-halaman website. Tag yang harus diperhatikan adalah tag title dan tag description karena kedua tag ini penting dimata search engine.
  • Konten Halaman : Semakin fresh halaman dan semakin relevan halaman, akan semakin bagus sebuah website dimata search engine. Perlu diperhatikan konten adalah bagian utama yang ditawarkan oleh webpage. Oleh karena itu anda harus mengupdatenya secara berkala. Jika ada website yang sejenis dengan website anda, namun sering di update berkala kemungkinan besar search engine akan lebih sering memperhatikan dan mempromosikan website tersebut dibanding website anda.
  • Link Situs : merupakan penting di seo, robot dan crawler akan menjadikan link-link yang menuju website anda, sekaligus yang keluar dari website anda. Search engine juga akan menilai apakah link tersebut berasal dari konteksnya sama dengan situs anda atau tidak. Usahakan jangan membuat link yang broken karena akan menurunkan kwalitas website anda. Patikan semua link yang ada di website anda, baik yang masuk atau keluar yang valid.
  • Sitemap : Gunakan sitemap untuk membuat search engine lebih mudah menjelajahi website anda. Sitemap membuat website anda mudah dilink. Sitemap ini bukan sitemap biasa, namun merupakan dokumen berbasic xml yang benar, ada banyak tool untuk membuat sitemap, baik yang berbasic web atau desktop.
Konten website adalah bagian yang paling krusial dalam seo, namun juga bagian yang paling rawan karena kebanyakkan praktisi SEO melakukan penghalalan segala cara dalam mengisi konten di websitenya. Sebagai contoh, praktisi SEO black-hat ada menggunakan spamming keyword, dimana mereka mengulang-ulang keyword yang di incarnya di website tanpa mengindahkan konsekuensi bahwa akhirnya website akan tidak nyaman untuk dibaca oleh manusia, walaupun dimata software search engine akan menghasilkan posisi yang tinggi.

Saat ini semua bagian webpage mudah di indeks oleh robot, bahkan iklan yang dimuat dari pihak ketigapun terlihat oleh robot. Beberapa search engine akan melakukan penurunan ranking jika isi website anda menyalin dari sumber yang lain. Oleh karena itu untuk mendapatkan ranking yang bagus, usahakan membuat konten yang unik, dalam arti konten tidak sama dengan konten yang lain.

Pelajari Juga Dasar-dasar SEO

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, Silakan tinggalkan jejak anda